Breaking News
Home / Bulan Sabit Merah

Bulan Sabit Merah

Print Friendly, PDF & Email

Bulan Sabit Merah Bulan Bintang merupakan salah satu badan Otonom, selain DAINA, Brigade Hizbullah, Pemuda Bulan Bintang, Muslimah Bulan Bintang dan Lazis dari Partai Bulan Bintang yang bergerak dibidang kesehatan sosial dan kesukarelawanan yang diakui pemerintah dalam rangka membantu, menolong dan mengkritisi serta membuat penelitian di bidang kesehatan yang ada di Masyarakat, menyangkut semua problem kesehatan dibidang promotif, kuratif, preventif dan rehabilitatif sehingga penyebab penyakit baik kongenital, infeksi, trauma, metabolik, hormonal dan neoplasma bisa ditekan agar tercapai masyarakat yang sehat jasmani rohani, mampu bersaing dengan bangsa lain dan mempertahankan keutuhan NKRI dengan mengedepankan keselamatan dunia akhirat sehingga mampu menjadi rahmatan Lil ‘Alamin.

Bulan Sabit Merah merupakan lambang dari para relawan kesehatan di dunia kesehatan Islam yang mempunyai arti perubahan menjadi lebih baik, mampu mengurangi morbiditas dan mortalitas yang disebabkan oleh penyakit yang ada di dunia. Lambang Bulan Sabit Merah merupakan lambang yang dipakai di kepalang-merahan Internasional selain lambang palang merah dan segi enam merah.

Di dunia kesukarelawanan kesehatan dunia organisasi kesehatan tingkat dunia mengakui relawan kesehatan yang memakai Red Cross atau Palang Merah dan Red Crescent atau Bulan Sabit Merah dalam pergerakan kesukarelawanan kesehatan dan sosial. Indonesia memilih Palang Merah sebagai simbol yang sampai saat ini disyahkan dengan perundang-undangan yang ada, sementara di dunia diakui keduanya. Bagi negara Islam lainnya, simbol-simbol Bulan Sabit Merah dipakai dalam semua kegiatan baik instansi kesehatan pemerintah maupun Ormas Kesehatan.

Bulan Sabit Merah bulan bintang sebagaimana perjuangan keyakinan partai Bulan bintang dalam membangun negara dan bangsa, maka visinya adalah membangun persatuan dan kesatuan bangsa, negara kesatuan Republik Indonesia dengan menolong dan melengkapi semua kegiatan kesehatan sosial dengan niat ibadah dan tujuan memperoleh kemuliaan akhirat tanpa membedakan ras, suku, agama dan ideologi manusia. Kegiatan Bulan Sabit Merah Bulan Bintang meliputi Pengobatan Gratis, Tanggap Bencana, Sedekah Bersama, serta Workshop dan Seminar.

Susunan Pengurus Pusat :

Ketua Umum  dr. Agus Ujianto, MSi. Med, Sp.B
Ketua Harian  dr. Bunian Khadafie
Sekretaris  Aang Widayanto – 081256179622
Bendahara Umum  Liana, S.Am.Kes
Ketua Bidang Jaringan Klinik Keseharan dan Organisasi  Sarwidi, AM, Kep
Ketua Bidang Aksi Sosial Tanggap Bencana  Mustafa, SE, MM
Ketua Bidang Penelitian dan Pengembangan  Darwono
Ketua Bidang Pengembangan  Martin Pratiwi, SIT, M.Kes.
Ketua Bidang Evakuasi dan Jaringan Ambulan  dr. Firmansyah
Ketua Bidang Teknologi Informasi  dr. Arsial Degiyantoro Sandhi