Breaking News
Home / Liputan Media / Berlaga di Pemilu 2019, Partai Bulan Bintang Dapat Nomor 19

Berlaga di Pemilu 2019, Partai Bulan Bintang Dapat Nomor 19

Print Friendly, PDF & Email

TEMPO.CO, Jakarta – Partai Bulan Bintang segera ditetapkan sebagai peserta pemilihan umum 2019 selepas gugatannya dikabulkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Ahad lalu. Partai yang dipimpin Yusril Ihza Mahendra itu bakal menambah persaingan dalam kontes politik bersama dengan 14 partai nasional yang telah ditetapkan.

Selanjutnya, PBB bakal mendapatkan nomor urut 19 dalam pemilu mendatang. “Karena nomor 15 (hingga 18) sudah digunakan partai lokal,” ujar Ketua KPU Arief Budiman di gedung KPU, Jakarta Pusat, Selasa, 6 Maret 2018.

Partai lokal yang dimaksud adalah partai dari Provinsi Aceh. Empat partai lokal Aceh tersebut adalah Partai Aceh, Partai Daerah Aceh, Partai Nanggroe Aceh, serta Partai SIRA.

Arief menuturkan lembaganya itu tak lagi mengundi nomor urut PBB lantaran hanya tinggal partai tersebut yang belum memiliki nomor urut. “Sebelumnya, karena banyak partai, kita melakukan pengundian nomor urut. Tapi kalau yang sekarang, hanya penetapan nomor urut,” katanya.

Penetapan keikutsertaan dan nomor urut PBB, menurut Arief, bakal ditetapkan melalui mekanisme yang sama persis dengan partai politik peserta pemilu 2019 lainnya, yaitu dalam rapat pleno terbuka. Rapat pleno itu bakal digelar pada Selasa malam, pukul 19.30 WIB.

“Kami juga mengundang seluruh perwakilan partai politik, kementerian dan lembaga terkait, Bawaslu, DKPP, dan teman-teman pemerhati pemilu, serta terbuka untuk diliput media massa,” kata Arief.

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *